4 Tanaman Herbal Berkhasiat untuk Tubuh

admin 0

Tanaman herbal kini menjadi andalan bagi sebagian orang untuk digunakan sebagai obat. Khasiatnya yang tak kalah jauh dengan obat obatan instan menjadi pilihan terbaik selain healty99.com harganya juga cukup murah.

Tidak sampai disitu saja, kebanyakan orang menggunakan tanaman herbal karena lebih alami, tanpa campur tangan mesin dan bahan kimia serta tidak meninggalkan sampah pelastik.

Lantas apa saja tanaman herbal yang bisa kita gunakan? Pada dasarnya ada banyak jenis tumbuh tumbuhan yang bisa kita jadikan obat, namun dikesempatan kali ini saya hanya akan mengulas beberapa diantaranya saja. Maka dari itu berikut beberapa tanaman herbal tersebut :

  1. Cocor bebek.

Cocor bebek (Kalanchoe pinnata) merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis sukulen, yaitu tanaman yang menyimpan cadangan nutrisi pada daun dan batang layaknya kaktus yang kamu ketahui.

Cocor bebek umumnya di tanam hanya untuk tanaman hias di dalam pot, namun perlu kamu ketahui bahwa cocor bebek juga dapat di gunakan sebagai obat tradisional yang bermanfaat loh.

Tanaman satu ini tergolong sangat bandel di mana dapat tumbuh walau pada dataran kering, tak hanya itu saja pertumbuhanya terbilang cepat sehingga di tempat asalnya sana Madagaskar cocor bebek di anggap tanaman yang invasif akan pertumbuhanya.

Beberapa pemanfaatan cocor bebek terletak pada bagian daunya, daun di tumbuk hingga halus kemudian di gunakan sebagai obat tradisonal.

Beberapa penyakit yang di ketahui dapat di atasi dengan tanaman herbal daun satu ini ialah demam, masalah pencernaan, peradangan, luka, bisul bernanah, jerawat, diabetes dan masih ada banyak lagi.

  1. Kelor.

Pohon yang kononya jika di tanam di depan rumah dapat menangkal nasib buruk serta bisa di gunakan untuk mengusir setan.

Kelor atau biasa di sebut merunggai merujuk pada pohon dengan nama latin Moringa oleifera dari suku Moringaceae. Berdaun rimbun dengan pertumbuhanya yang terbilang cepat serta dapat berbunga sepanjang tahun.

Untuk manfaat daun kelor sayangnya masih banyak yang belum mengetahui akan khasiat yang di berikan, menurut sebuah studi dari WHO kandungan vitamin C pada daun kelor melebihi dari pada buah jeruk yaitu 7x lebih besar, 4x lebih banyak protein ketimbang susu dan 3x lebih banyak potasium pada pisang.

Sedangkan untuk khasiat daun kelor sendiri di klaim dapat mengatasi masalah gula dalam darah, masalah peradangan, masalah tekanan darah, mengegah kanker serta meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Sambung nyawa

Tanaman herbal daun sambung nyawa, daun dewa atau akar sebiak yaitu merujuk pada tanaman semak rimbun dengan nama ilmiah (Gynura procumbens) dari keluarga asteraceae. Sambung nyawa biasanya di tanaman di sekitar perkarangan rumah sebagai tanaman pagar.

Untuk pemanfaatan tanaman satu ini terletak pada bagian daun dan kulitnya dimana bagian tersebut di konsumsi sebagai lalapan ataupun di jadikan ramuan obat, sedangkan dalam industri obat tanaman satu ini di ekstrak dalam bentuk kemasan kapsul suplemen.

Beberapa masyarakat menggunakan khasiat tanaman sambung nyawa untuk mengatasi masalah kesehatan mulai dari batuk, radang tenggorokan, tekanan darah, hipertensi hingga di klaim dapat mengatasi tumor dan kanker.

  1. Daun Pepaya

Berikutnya ada daun pepaya. Kamu mungkin disini ada yang sering mengkonsumsi daun pepaya, baik itu sebagai lalapan atau sayuran. Untuk yang sering mengkonsumsinya pasti sudah tahu akan rasa dari daun pepaya itu sendiri.

Yap, daun pepaya memang mempunyai rasa yang pahit dan kelat, terutama jika mengkonsumsinya secara langsung.

Akan tetapi, walau ia mempunyai rasa yang super pahit, ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam tanaman satu ini. Beberapa orang kerap memanfaatkan daun pepaya sebagai salah satu ramuan herbal untuk mengatasi beberapa masalah penyakti.

Salah satunya ialah mengatasi demam, flu, batuk, sakit tenggorokan, malaria, gangguan pencernaan, sakit perut dan diare.

healty99.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *